Jumat, 05 Januari 2018

Repair Exra Fan AC Suzuki Aerio

Dear all pren dan para juragan suhu...
Di sini newbie mau berbagi pengalaman tentang masalah extra fan AC Suzuki Aerio facelift 2004.

Waktu itu di Bogor jalan bareng keluarga 31 Desember 2017.
Gejala pertama yang saya rasakan saat menyalakan AC tidak terasa dingin dan hanya terasa hembusan angin saja. Akan tetapi setelah mobil jalan beberapa menit kemudian AC terasa dingin dan normal. Wah, harus service AC nih.. notabene memang sudah setahun lebih AC belum diservis, hanya DIY dibersihkan filternya saja dengan disemprot kompresor.

Esok paginya buat jalan Bogor-Batang lancar jaya tidak ada yang aneh dengan kelainan AC ini kecuali pada saat mobil belum jalan.
Perjalanan ditempuh mulai dari jam 06.45. Jam 11.30 sdh sampai Brexit dengan, saya lihat sudah 309 KM. Sampai di rumah jam 13.17.
Esok harinya jg tgl 2 Januari 2018 si Oreo hitam meluncur ke Rembang dengan gejala yang sama, dan saya anggap bukan masalah besar.

Akhirnya saya baca-baca referensi salah satunya di Otodiy, ternyata extra fan AC yang lemah biasanya dikarenakan carbon brush yang habis. Jadi inget waktu tahun lalu servise sdh di bilangin sama Bengkel OK (Matangan, Batang) bahwa fan ini lemah ("alhamdulillah bertahan setahun lebih").
Waktu itu motor fan diketuk pake palu oleh tukang bengkel dan jalan lagi. Akupun ikutan praktek gitu dan fan jalan. Tapi saat AC di matikan dan dihidupkan fan tidak jalan dan harus dipukul. he he.. kayaknya emang udah kagak bisa dibenerin lg nih motor fan. Solusinya ganti carbon brush ("berharap resiko terendah, maklum biar ngirit").

Akhirnya saya bawa ke bengkel di daerah pasar Pentungan Kab. Rembang.
Disitu langsung dikerjakan dan saat pertama dibongkar langsung terlihat carbon brush yang sudah pendek / habis. Akhirnya digantilah komponen itu 4 buah, tapi karena tdk ada ukuran yang pas, maka carbon brush harus diamplas dulu agar ukurannya sesuai bisa masuk ke slot-nya. Setelah memakan waktu 2 jam karena proses amplasnya yg lama akhirnya selesailah sudah dan dirangkai kembali.
Alhasil di serrrrrr. Alhamdulillah langsung muter dengan lancar jaya dan dipasang lg ke mobil dan AC dingin menggigil lagi.
Total biaya :
Carbon brush  25 K,
Ongkos            50 K
Total                75 K


Bengkel dinamo di pasar Pentungan Rembang itu : Recomended.

Demikian pengalaman saya repair extra fan Aerio...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar